PKKMB Jurusan KP mengusung tema : “Nawasena Gajahsora"

 IMG-20220829-WA0055

    Kegiatan PKKMB atau yang biasa disebut dengan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru Jurusan Kebijakan Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan UNY dilaksanakan pada hari Jumat pada tanggal 26 Agustus 2022. Kegiatan ini merupakan acara tahunan yang dilaksanakan oleh Hima KP untuk memfasilitasi Mahasiswa Baru agar lebih mengenal Kampus, terutama lebih mengenal Jurusan Kebijakan Pendidikan. Pada tahun ini PKKMB Jurusan KP mengusung tema : “Nawasena Gajahsora : Menumbuhkan Jiwa Mahasiswa Kebijakan Pendidikan Yang Berprestasi, Unggul, dan Berdaya Saing”. Kegiatan ini diawali dengan adanya bincang birokrasi bersama dengan Dosen FSP, tujuannya agar Mahasiswa Baru lebih mengenal Dosen-dosen KP dan mempermudah Mahasiswa Baru dalam perkuliahan yang akan datang.

Kegiatan setelah Bincang Birokrasi adalah penayangan video profil jurusan yang bertujuan untuk memperkenalkan kepada Mahasiswa Baru Jurusan KP UNY. Setelah ditampilkannya video jurusan ini, dilaksanakan Webinar Jurnalistik. Pembicara dalam kegiatan ini adalah Bapak Efriza, S.IP,M.Si. Acara Webinar Jurnalistik ini bertujuan agar Mahasiswa Baru dapat memperoleh ilmu sebagai bekal dalam menghadapi tugas perkuliahan dan memahami jurnalisme politik serta konstruksi keberpihakan media dalam kebijakan. Berkaitan dengan hal tersebut, salah satu profesi yang menjadi prospek dari jurusan Kebijakan Pendidikan adalah menjadi seorang policy analyst (analis kebijakan) yang hadir pada sektor publik/pemerintah, sektor swasta maupun nirlaba. Karena itu, analis kebijakan perlu memiliki pengetahuan tentang studi kecenderungan politik, faksi dan tensi untuk membangun solusi yang bermanfaat bagi berbagai kelompok, juga kemampuan jurnalistik untuk menyusun naskah kebijakan dan kritik atau evaluasi terhadap suatu kebijakan. 

Kegiatan yang terakhir adalah Webinar Public Speaking yang berjudul “Explore your mind, Improve your skills”. Webinar ini diisi oleh pembicara yaitu Kak Dyah Niken Rahmawati. Kegiatan webinar ini bertujuan agar Mahasiswa Baru KP dapat memperoleh ilmu dari narasumber dan menambah wawasan keterampilan public speaking sehingga mampu berkomunikasi dengan baik.

Back To Top