Berita Acara Pelatihan Advokasi 2021

Telah dilaksanakan kegiatan Pelatihan Advokasi dengan mengangkat satu tema besar yaitu “Revitalisasi Nalar Kritis, Membangun Jiwa Aktivis” dan tiga sub tema di dalamnya. Sub tema pertama adalah Konsep Dasar Advokasi dengan narasumber Ibu Ashilly Achidsty yang merupakan seorang peneliti di PPPk Fisipol UGM dan pegiat pergerakan mahasiswa. Kegiatan Pelatihan Advokasi sesi pertama tersebut dilaksanakan pada hari Sabtu, 3 Juli 2021 yang dihadiri oleh kurang lebih 150 orang peserta dan juga tamu undangan. Kegiatan dipandu oleh seorang moderator yaitu Nisa Shafryna yang merupakan mahasiswa Kebijakan Pendidikan tahun 2020. Diskusi ini dibuka dengan sambutan yang disampaikan oleh ketua panitia yaitu Fitrinatalia Cahyawani, kemudian dilanjutkan sambutan yang disampaikan oleh pendamping HIMA Kebijakan Pendidikan yaitu Bapak Amrih Setyo Raharjo, S.Pd., MPA, dan sambutan terakhir disampaikan oleh Ibu Dr. Ariefa Efianingrum, M,Si selaku ketua Jurusan Filsafat dan Sosiologi Pendidikan. Setelah sambutan disampaikan, sesi selanjutnya adalah pembacaan CV narasumber oleh moderator kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi. Narasumber menyampaikan tiga materi terkait dengan konsep dasar advokasi. Materi pertama yaitu Makna dan Pentingnya Advokasi, materi kedua yaitu Memahami Lingkungan Advokasi, dan materi terakhir adalah Memahami dan Menilai Kapasitas Organisasi dalam Melakukan Advokasi. Setelah narasumber selesai menyampaikan ketiga materi, moderator membuka sesi diskusi dan tanya jawab untuk para peserta kegiatan Pelatihan Advokasi. Apabila sesi tanya jawab sudah ditutup, maka moderator menutup acara dengan doa dan dilanjutkan sesi foto bersama.

Pelatihan Advokasi sesi kedua dilaksanakan pada hari Sabtu, 17 Juli 2021 dengan narasumber Bapak Yossy Suparyo yang merupakan Direktur Inovasi dan Teknologi DPN Gerbang Tani. Bapak Yossy Suparyo membersamai Pelatihan Advokasi ini dengan tema Strategi Pengembangan Advokasi. Kegiatan ini dihadiri oleh kurang lebih 150 peserta dan tamu undangan. Kegiatan dipandu oleh seorang moderator yaitu Anggit Nur Dwi Astuti yang merupakan mahasiswa Kebijakan Pendidikan tahun 2020. Setelah acara dibuka, moderator membacakan CV narasumber yang kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi. Narasumber menyampaikan tiga materi pada Pelatihan Advokasi ini, yang pertama yaitu Menyiapkan Agenda Advokasi. Materi kedua yaitu Membentuk dan Mengembangkan Strategi-strategi Advokasi. Materi ketiga yaitu Menyiapkan Sebuah Rencana Advokasi dan Evaluasi Hasilnya. Setelah narasumber selesai menyampaikan materi, sesi selanjutnya yaitu sesi diskusi dan tanya jawab yang dibuka untuk para peserta Pelatihan Advokasi. Terakhir, setelah sesi diskusi dan tanya jawab selesai, moderator menutup acara Pelatihan Advokasi dengan doa dan dilanjut dengan sesi foto bersama.

Sesi terakhir Pelatihan Advokasi dilaksanakan pada hari Sabtu, 24 Juli 2021 dengan narasumber Ibu Ebni Sholikhah yang merupakan dosen Program Studi Kebijakan Pendidikan. Narasumber sesi ketiga ini membahas tentang Praktik Advokasi. Pada sesi terakhir, diskusi dipandu oleh seorang moderator yaitu Citra Widyastoto yang merupakan mahasiswa Kebijakan Pendidikan tahun 2021. Moderator mengawali serta membuka acara Pelatihan Advokasi sesi terakhir ini yang dilanjutkan dengan pembacaan CV narasumber. Setelah itu sesi selanjutnya yaitu pembacaan isu atau aspirasi dari peserta Pelatihan Advokasi tentang isu yang telah ditentukan oleh panitia. Sebelumnya, peserta Pelatihan Advokasi telah diminta untuk mengisi google formulir mengenai isu atau aspirasi yang berkaitan dengan Kepastian Tarik Ulur Kebijakan Tatap Muka dalam Pembelajaran, Menelan Sepah Bullying di Sekolah, Problematika PPDB Tahun 2021, Dampak Learning Loss yang Berakibat pada Mental Health, dan Meningkatnya Angka Pernikahan Dini Akibat Pembelajaran Jarak Jauh. Setelah moderator selesai membacakan aspirasi peserta, sesi berikutnya yaitu tanggapan narasumber mengenai aspirasi tersebut. Sebelum acara diakhiri, peserta dipersilakan untuk berdiskusi dan bertanya kepada narasumber di sesi diskusi dan tanya jawab. Sesi terakhir yaitu penutup, moderator menutup acara Pelatihan Advokasi sesi terakhir ini dengan doa dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama.


DOKUMENTASI 

SESI I (Sabtu, 3 Juli 2021) 

Sambutan Ketua Panitia 


Sambutan Pendamping HIMA KP UNY 2021


Sambutan Ketua Jurusan Filsafat dan Sosiologi Pendidikan 


Pembicara

Moderator

SESI II (17 JULI 2021)

Pembicara

SESI III (Sabtu, 24 Juli 2021)

Pembicara

Moderator


Back To Top