BERITA ACARA KAJIAN ILMU KESEHATAN x RUANG DIALEKTIKA # 5 “Dilema Pembelajaran Tatap Muka dalam Perspektif Kesehatan dan Pendidikan”

Pada hari Minggu (30/5/2021), Departemen Penalaran HIMA KP FIP UNY bersama APHSA BEM FKM UNAIR menyelenggarakan acara KAITAN x Ruang Dialektika. Acara tersebut merupakan program kajian gratis yang diadakan melalui platform Zoom dengan mengundang dua narasumber yang ahli dan berpengalaman dalam bidangnya. Kegiatan kajian terdiri dari pemaparan materi oleh pembicara dan diskusi yang akan dipandu oleh moderator. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih berpikir kritis dan tanggap serta meningkatkan awareness terhadap isu-isu kesehatan dan pendidikan disekitar, menambah pengetahuan terkait tema yang diambil dari para ahlinya langsung mengenai kebijakan pembelajaran tatap muka.

Tema yang diangkat pada kajian ini yakni “Dilema Pembelajaran Tatap Muka dalam Perspektif Kesehatan dan Pendidikan”. Dalam kesempatan kali ini KAITAN x Ruang Dialektika akan membahas kebijakan pembelajaran tatap muka dalam dua sudut pandang yakni dari sisi kesehatan dan pendidikan. Mengingat sektor kesehatan dan pendidikan sama-sama sedang mengalami krisis, oleh sebab itu diperlukan pemahaman yang komprehensif dari sisi kesehatan dan pendidikan untuk menilai kebijakan ini. 

Acara diskusi tersebut dilatarbelakangi oleh kasus COVID-19 pertama di Indonesia pada tanggal 2 Maret 2020, seluruh tatanan kehidupan bermasyarakat telah berubah. Indonesia bahkan dunia sedang menghadapi pandemi yang masih berlangsung hingga sekarang. Tidak hanya kesehatan yang terkena dampak dari pandemi COVID-19 ini, tetapi seluruh sektor dalam kehidupan pun ikut terkena, tak terkecuali sektor pendidikan. Untuk menekan angka penyebaran COVID-19, pemerintah menegakkan berbagai kebijakan untuk meminimalisir segala mobilitas dan aktivitas manusia. Kebijakan ini memaksa kegiatan belajar mengajar di sekolah untuk merevolusi dirinya dengan menerapkan pembelajaran jarak jauh (PJJ). 

Dengan berjalannya waktu, pemerintah terus berusaha untuk mengembalikan kembali keseimbangan dalam kehidupan. Upaya vaksinasi untuk mencapai herd imunity telah digalakkan pemerintah sejak Februari 2021. Melalui vaksinasi yang telah diadakan oleh pemerintah bagi pendidik dan tenaga kependidikan, pemerintah telah bersiap untuk membuka kemungkinan pembelajaran tatap muka (PTM). Untuk mempersiapkan rencana tersebut, pemerintah mendorong pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas dengan tetap menjalankan protokol kesehatan melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) Empat Menteri yang diumumkan pada 30 Maret 2021. SKB tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 tersebut diterbitkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Menteri Kesehatan (Menkes), dan Menteri Agama (Menag). Dalam SKB tersebut, pemerintah mewajibkan satuan pendidikan untuk menyediakan layanan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan kesehatan ketat serta layanan PJJ.

KAITAN (Kajian Isu Kesehatan) adalah salah satu program kerja Airlangga Public Health Student Association (APHSA) BEM FKM UNAIR. APHSA sendiri adalah organisasi mahasiswa setingkat HIMA yang ada dalam Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga. KAITAN fokus dalam mengkaji isu-isu kesehatan yang sedang terjadi di masyarakat.

Pembahasan dipantik oleh Dr. Hermawan Saputra, SKM., MARS., CICS., selaku Dewan Pakar Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia untuk memantik dalam perspektif kesehatan dan oleh Dr. Drs. Arif Rohman, M.Si., selaku dosen FIP UNY sekaligus Kajur Prodi KP UNY untuk memantik dalam perspektif pendidikan. Jalannya acara dipandu oleh Duta FKM UNAIR Alifia Hera selaku moderator.

Diskusi diadakan gratis dan bersifat terbuka untuk umum. Di mulai pukul 09.45-12.00 WIB. Diskusi berlangsung secara antusias dengan jumlah peserta mencapai sekitar 30 peserta. Peserta sendiri tidak hanya diikuti oleh mahasiswa KP UNY dan FKM UNAIR saja tetapi juga ada dari UGM, UNEJ, dan lainnya.


 

 

 

 

 

 

 

Back To Top