BERITA ACARA DISKUSI KRITIS PENDIDIKAN 2021

Telah dilaksanakan kegiatan Webinar Series dengan mengangkat satu tema besar yaitu “Aktualisasi pendidikan Holistik di Indonesia” dan tiga sub tema didalamnya yaitu yang pertama “Konsep dan Urgensi Pendidikan Holistik terhadap Kemajuan Indonesia” dengan pembicara Toto Rahardjo yang merupakan otodidak dan fasilitator pendidikan kerakyatan. Kegiatan diskusi sesi pertama tersebut telah dilaksanakan pada hari Sabtu, 17 April 2021 yang dihadiri oleh kurang lebih 102 orang peserta dan juga tamu undangan. Kegiatan dipandu oleh seorang moderator yaitu Muhammad Ihsan yang merupakan mahasiswa Kebijakan Pendidikan tahun 2020. Diskusi ini dibuka dengan sambutan yang disampaikan oleh ketua panitia yaitu Berliana Laksita Ratna Damayanti, kemudian dilanjutkan sambutan yang disampaikan oleh pendamping HIMA Kebijakan Pendidikan yaitu Bapak Amrih Setyo Raharjo, M.PA, dan terakhir sambutan seharusnya disampaikan oleh Ibu Dr. Ariefa Efianingrum, M.Si selaku Ketua Jurusan Filsafat dan Sosiologi Pendidikan namun pada saat acara berlangsung beliau berhalangan hadir. Sesi selanjutnya yaitu penyampaian materi oleh pembicara. Setelah pembicara selesai menyampaikan materi, sesi selanjutnya yaitu sesi diskusi dan tanya jawab yang dibuka untuk seluruh peserta. Sesi terakhir yaitu sesi dokumentasi dan penutupan. 

Sub tema kedua yaitu Pendidikan Holistik dalam Pusaran Digitalisasi Pendidikan dengan pembicara Dr. Pujiriyanto, M.Pd yang berprofesi sebagai dosen Teknologi Pendidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Diskusi ini telah dilaksanakan pada hari Sabtu, 24 April 2021 yang dihadiri oleh kurang lebih 104 orang peserta dan tamu undangan. Kegiatan dipandu dan dibuka oleh seorang moderator yaitu Muhammad Rizki Ardiansyah yang merupakan mahasiswa Kebijakan Pendidikan tahun 2020. Setelah pembukaan, sesi berikutnya yaitu penyampaian materi oleh pembicara. Setelah pembicara selesai menyampaikan materi, sesi selanjutnya yaitu sesi diskusi dan tanya jawab yang dibuka untuk seluruh peserta. Sesi terakhir yaitu sesi dokumentasi dan penutupan.

Selanjutnya sesi terakhir dilaksanakan pada hari Minggu, 2 Mei 2021 sebagai bentuk peringatan Hari Pendidikan Nasional dengan pembicara Dr. Abdulloh Hamid, M.Pd mengangkat tema Efektivitas Pembelajaran STEAM dalam Pendidikan Holistik, diskusi ini dihadiri oleh kurang lebih 107 orang peserta dan tamu undangan. Kegiatan dipandu dan dibuka oleh seorang moderator yaitu Hima Yumna Najati yang merupakan Staff Departemen Medinfo HIMA Kebijakan Pendidikan 2021. Sesi selanjutnya yaitu penyampaian materi oleh pembicara. Setelah pembicara selesai menyampaikan materi, sesi selanjutnya yaitu sesi diskusi dan tanya jawab yang dibuka untuk seluruh peserta. Sesi terakhir yaitu sesi dokumentasi dan penutupan.

Dokumentasi DKP 2021 :













Back To Top